Selamat datang di http://hartantoyudi1.blogspot.com, terima kasih telah berkunjung di blog saya

Pages

Rabu, 28 November 2012

RPP Trigonometri


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah                 :  SMK Batik Perbaik Purworejo
Mata Pelajaran                 :  Matematika
Kelas/ Semester               :  XI/ 1
Program Keahlian            :  TKJ
Alokasi Waktu                 :  4 x 35 menit
Standar Kompetensi        : Menerapkan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar           : Mengkonversi koordinat kartesius dan kutub
Indikator                         :   -  Membedakan koordinat kartesius dan kutub
-  Mengkonvensi koordinat kartesius dan kutub atau sebaliknya

A. Tujuan Pembelajaran
     Setelah kegiatan pembelajran diharapkan peserta didik dapat :
1.     Menjelaskan pengertian koordinat kartesius dan kutub
2.     Menggambarkan letak titik pada koordiant kartesius dan kutub
3.   Mengkonvensi koordinat kartesius dan kutub atau sebaliknya

B. Materi  Pembelajaran
1.     Pengertian  koordinat kartesius dan kutub
2.   Hubungan koordinat kartesius dn kutub atau sebaliknya

C. Metode Pembelajaran
1.     Ceramah
2.   Diskusi/tanya jawab
3.   Pemberian tugas
4.   Presentasi

D. Langkah – Langkah  Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
-  Guru membuka pelajaran dengan salam dan doa;
-  Guru mengecek kehadiran siswa
-  Guru mengabsen siswa
-  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan pokok - pokok materi yang akan dipelajari
-  Apersepsi, yaitu melalui tanya jawab
-  Guru menugasi semua siswa untuk menyimak materi ( modul )
-  Guru memberikan motivasi untuk lebih memperhatikan sehingga siswa mampu menguasai materi

     2.Kegiatan Inti
  Eksplorasi
-   Guru memfasilitasi siswa agar terjadi interaksi antar siswa, siswa dan guru dengan menggunakan sumber belajar yang ada dan lingkungan, serta menugasi semua siswa untuk mempelajari tentang menggambar letak koordinat kartesius dan kutub serta mengubah koordinat kutub ke kartesius dan sebaliknya
- Guru mengawasi dan membimbing siswa

Elaborasi
-    Guru memfasilitasi siswa dengan berdiskusi kelompok untuk memunculkan pendapat atau gagasan baru yang berkaitan dengan mengubah koordinat kartesius ke kutub dan sebaliknya
-    Guru memberikan kesempatan untuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan mengutarakan pendapatnya dalam kegiatan diskusi kelompok

Konfirmasi
-      Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lesan  berupa pujian terhadap keberhasilan siswa dalam menyelesikan tugas dengan berdiskusi kelompok.
-Guru memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
-    Guru sebagai nara sumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang mendapat kesulitan

3.Kegiatan Akhir
-  Guru memberiakn kesimpulan dari materi yang dipelajari
- Siswa mengerjakan lembar tugas;
- Siswa menukarkan lembar tugas satu sama lain. Setelah itu, guru bersama siswa membahas penyelesaian lembar tugas dan sekaligus dapat memberi nilai pada lembar tugas sesuai kesepakatan yang telah diambil;
-  Guru menutup pembelajaran dengan doa dan salam




E.Alat dan Sumber
   1.Alat              :Alat-alat klasikal
   2.Sumber        :Buku Matematika SMK kelas XI Erlangga, Kusminadkk
                           Referensi lain yang relevan

F.Penilaian
   1.Tes formatif, individual
   2.Demo mengerjakan soal di kelas
 
Lampiran-1 RPP: LKS
INSTRUMENT PENILAIAN
1.     Gambarlah koordinat kartesius titik P (4,3) !                          (skor maks.15)
2.     Gambarlah koordinat kutub titik P (-4Ö2, 45°) !                     (skor maks.35)
3.     Tentukan koordinat kutubnya untuk koordinat kartesuis P(4,4Ö3) !(skor maks.50)
3.Penyelesaian :
Diketahui: x = 4 dan y = 4Ö3
r2 = 42 + (4Ö3)2                                                                                   tan q° = 4Ö3/4
r2 = 16 + 48                                                                                         q°  = arc tan 4Ö3/4
r2 = 64                                                                                                 q°  = arc tan Ö3
r = Ö64                                                                                                q° = 60°
r = 8
Jadi koordinat kutubnya adalah P(8, 60°)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar