Selamat datang di http://hartantoyudi1.blogspot.com, terima kasih telah berkunjung di blog saya

Pages

Rabu, 21 November 2012

RPP MATEMATIKA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah          : SMK Batik Purworejo
Mata Pelajaran         : Matematika
Kelas / Semester       : XI / 1
Alokasi Waktu         : 6 x 35 menit

A. STANDAR KOMPETENSI
1.            Menerapkan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah.

B.     KOMPETENSI DASAR
1.1        Menentukan dan menggunakan nilai perbandingan trigonometri suatu sudut.

C.    INDIKATOR
1.1.1  Perbandingan trigonometri suatu sudut ditentukan dari sisi - sisi segitiga siku - siku.
1.1.2  Perbandingan trigonometri dipergunakan untuk menentukan panjang sisi dan besar sudut segitiga siku - siku.
1.1.3  Sudut - sudut diberbagai kuadran ditentukan nilai perbandingan trigonometrinya.

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Siswa dapat mengetahui fungsi dan manfaat trigonometri dalam kehidupan.
2.      Siswa dapat menerapkan trigonometri dalam program keahlian pada khususnya dan kehidupan sehari - hari pada umumnya.
3.      Siswa dapat mengetahui perbandingan trigonometri diberbagai kuadran.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
Trigonometri meliputi :
·         Perbandingan trigonometri
·         Panjang sisi dan besar sudut segitiga siku-siku
·         Perbandingan trigonometri di berbagai kuadran


F.     PENDEKATAN / METODE PEMBELAJARAN
1.   Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching Learning – CTL)
2.   Metode Pembelajaran
a.   Ceramah
b.   Diskusi
c.   Tanya jawab

G. ALAT/BAHAN/ SUMBER BELAJAR
Buku paket, yaitu Matematika Program Keahlian Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian untuk SMK dan MAK Kelas XI, terbitan Erlangga karangan Drs. Kasmina, M. Sc. Dkk.

H.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
  1. Pendahuluan
a.       Guru membuka pelajaran dengan salam dan doa;
b.      Guru melakukan absensi kehadiran siswa dan melihat kesiapan siswa mengikuti pelajaran;
c.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan pokok - pokok materi yang akan dipelajari;
d.      Apersepsi, yaitu melalui tanya jawab, guru mengingatkan kembali tentang materi trigonometri yang diperoleh di SMP;
e.       Guru memberikan penjelasan tentang pembagian kelompok dan cara belajar;
f.       Guru memberikan motivasi untuk lebih memperhatikan sehingga siswa mampu menguasai materi ini.
  1. Kegiatan inti
a)      Eksplorasi
1)      Guru memberikan masalah konstektual mengenai trigonometri;
2)      Siswa mencoba menyelesaikan masalah tersebut. Guru berkeliling untuk mengamati dan memotivasi;
3)      Guru menjelaskan materi tentang perbandingan trigonometri kepada siswa;
4)      Guru menjelaskan materi tentang panjang sisi dan besar sudut segitiga siku-siku kepada siswa;
5)      Guru menjelaskan materi tentang perbandingan trigonometri diberbagai kuadran kepada siswa;
6)      Guru dan siswa saling berdiskusi mengenai materi melalui kegiatan tanya jawab belajar;
7)      Guru memberikan bantuan kepada siswa yang mengalami kesulitan;
b.      Elaborasi
1)      Siswa belajar dan berdiskusi dalam kelompok - kelompok yang telah ditentukan sebelumnya;
2)      Siswa dalam kelompok menyelesaikan lembar kerja yang diajukan guru. Guru berkeliling untuk mengamati, memotivasi, dan memfasilitasi kerja sama;
3)      Siswa wakil kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok yang lain menanggapi hasil kerja kelompok yang mendapat tugas;

c.                Konfimasi
1)      Dengan mengacu pada jawaban siswa, melalui tanya jawab guru, dan siswa membahas penyelesaian masalah yang seharusnya;
2)      Guru memberikan umpan balik atas hasil pekerjaan siswa;
3)      Guru mengadakan refleksi dengan menanyakan kepada siswa tentang hal-hal atau materi yang belum dipahami dengan baik, kesan dan pesan atau hal-hal yang dirasakan siswa selama mengikuti pembelajaran.
  1. Penutup
a)      Guru dan siswa membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari;
b)      Siswa mengerjakan lembar tugas;
c)      Siswa menukarkan lembar tugas satu sama lain. Setelah itu, guru bersama siswa membahas penyelesaian lembar tugas dan sekaligus dapat memberi nilai pada lembar tugas sesuai kesepakatan yang telah diambil;
d)     Guru memberikan gambaran materi untuk pertemuan berikutnya;
e)      Guru menutup pembelajaran dengan doa dan salam.
I.Teknik Penilaian      : pengamatan, tes tertulis(kuis dan tugas kelompok)
J.Instrumen Penilaian: soal latihan ada di lampiran


Lampiran-1 RPP: LKS
INSTRUMENT PENILAIAN
1.         Dengan menggunakan konsep perbandingan trigonometri. Tentukan nilai perbandingan trigonometri berikut :
Jika diketahui segitiga ABC dengan  dan panjang sisi AB = 5, BC = 3
a.       sin a + cos b + tan a
b.      sin b + cos a + tan b (skor maksimal 30)
2.      Hitunglah panjang sisi-sisi segitiga ABC jika  dan panjang sisi  (skor maksimal 25)
3.      Tentukan nilai trigonometri berikut :
a.       sin 1350
b.      cos 2100
c.       tan 3150 + sec 3000 + coc (-600) (skor maksimal 45)

Kunci Jawaban :
1.      Penyelesaian :
a.       sin a + cos b + tan a

b.      sin b + cos a + tan b



2.      Penyelesaian :

3.      Penyelesaian :
a)     
b)     
c)     

Skor penilaian
- Skor maksimal yang diperoleh siswa yang menjawab benar semua = 100
Siswa yang dapat menyelesaikan minimal 75% dapat melanjutkan ke kegiatan belajar berikutnya. Bagi siswa yang belum dapat menyelesaikan 75% siswa mengulang mengerjakan soal remidi




Lampiran-2 RPP: SOAL REMIDI
1.      Diketahui segitiga siku-siku ABC, siku-siku di titik C dengan panjang AC = 8 cm dan BC = 6 cm. Tentukanlah nilai dari:
a. cos A
b. sin B
c. Panjang AB
2.      Seorang siswa akan mengukur tinggi sebuah pohon yang berjarak 6 meter dari dirinya. Ia melihat puncak pohon dengan sudut elevasi 300. Jika tinggi anak 1,6 meter, maka tinggi pohon   ( dengan pembulatan 1 desimal) adalah…. ( sin 300 = 0,500, cos 300 = 0,866, dan tan 300 = 0,577 )
Kunci Jawaban :
1.     a.                b.                                       skor mak : 50
. c.10
2. Perhatikan DBDE.          
      Tan 300  =  =                                              skor mak: 50
      DE = 6 . tan 300

Purworejo,  Juli 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMA                         Guru Mata Pelajaran                           Mahasiswa PPL



Sujatmiko,S.Pd                                   Siti Winarsih, S.Pd                              Yudi Hartanto                        
                                               


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar